BAB III
KALENDER PENDIDIKAN
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, efektif fakultatif, dan hari libur. Berikut adalah kalender tersebut secara rinci.
A. Pengaturan tentang permulaan tahun ajaran
No. Tanggal Kegiatan Keterangan
1 12-18 Juni 2011 Penyusunan KTSP
2 12- 16 Juni 2011 Penyusunan Program Pembelajaran
3 16-25 Juni 2011 Persiapan PPDB
4 21-23 Juni 2011 PPDB
5 25 Juni 2011 Pengumuman PPDB
6 27 – 28 Juni Daftar Ulang
7 11-13 Juli 2011 MOS peserta didik baru
8 14-16 Juli 2011 Matrikulasi untuk kelas 7 baru
B. Jumlah Minggu Efektif Tahun Pelajaran 2011/2012
SEMESTER I
NO BULAN JME HES HEF KTS LU LHB LS LPP LHR JML
1 JULI ‘11 3 18 3 21
2 AGUSTUS ‘11 0 17 4 3 3 4 31
3 SEPTEMBER ‘11 3 20 4 6 30
4 OKTOBER ‘11 4 21 5 5 31
5 NOPEMBER ‘11 5 26 4 30
6 DESEMBER ‘11 4 21 4 6 31
JUMLAH 19 106 16 5 24 3 6 3 11 174
SEMESTER II
NO BULAN JME HES HEF KTS LU LHB LS LPP LHR JML
1 JANUARI ‘12 3 19 5 1 25
2 PEBRUARI ‘12 4 25 4 29
3 MARET ‘12 5 26 4 1 31
4 APRIL ‘12 4 19 5 5 1 30
5 MEI ‘12 5 26 4 1 31
6 JUNI ‘12 3 20 4 6 30
JUMLAH 24 135 5 26 4 6 176
KETERANGAN :
JME = Jumlah Minggu Efektif LU = Libur Umum LHR = Libur Hari Raya
HES = Hari Efaktif Sekolah LHB = Libur Hari Besar LS = Libur Semester
HEF = hari Efaktif Fakultatif LPP = Libur Permulaan Puasa
HARI EFEKTIF SEKOLAH, EFEKTIF FAKULTATIF DAN HARI LIBUR SEKOLAH
TAHUN PELANAJARAN 2011/2012
SEMESTER GANJIL
BULAN SENIN SELASA RABU KAMIS JUM’AT SABTU
JULI
2011
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18
AGUSTUS
2011 LPP LPP LPP EF1 EF2 EF3
EF4 EF5 EF6 EF7 EF8 EF9
EF10 EF11 LHB EF12 EF13 EF14
EF15 EF16 LHR LHR LHR LHR
LHR LHB LHB
SEPTEMBER
2011 LHR LHR LHR
LHR LHR LHR 19 20 21
22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 32 33
34 35 36 37 38
OKTOBER
2011 39
40 41 42 43 44 45
46 47 48 49 50 51
52 53 54 55 56 57
58 59 60 61 62 63
64
BULAN SENIN SELASA RABU KAMIS JUM’AT SABTU
NOPEMBER
2011 65 66 67 68 69
70 71 72 73 74 75
76 77 78 79 80 81
82 83 84 85 86 87
88 89 90
DESEMBER
2011 91 92 93
94 95 96 97 98 99
100 101 102 103 104 105
106 107 108 109 110 111
LS1 LS1 LS1 LS1 LS1 LS1
SEMESTER GENAP
BULAN SENIN SELASA RABU KAMIS JUM’AT SABTU
JANUARI 2012 LS1 LS1 LS1 LS1 LS1 LS1
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12
LHB 13 14 15 16 17
18 19
PEBRUARI
2012 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29
30 31 32 33 34 35
36 37 38 30 40 41
42 43 44
MARET
2012 45 46 47
48 49 50 51 52 53
54 55 56 57 58 59
60 61 62 63 LHB 64
65 66 67 68 69 70
APRIL
2012 71 72 73 74 LHB 75
76 77 78 79 80 81
82 83 84 85 86 87
88 89 90 91 92 93
94
MEI
2012 95 96 97 98 99
100 101 102 103 104 105
106 107 108 LHB 109 110
111 112 113 114 115 116
117 118 119 120
JUNI
2012 121 122
123 124 125 126 127 128
129 130 131 132 133 134
135 136 137 138 139 140
LS2 LS2 LS2 LS2 LS2 LS2
JADWAL LIBUR MTS ATHFALUL HAQ CIHOWE
TAHUN 2011/2012
No. Bulan Tanggal Keterangan
1 Juli 2011 - -
2 Agustus 2011 1 – 3 Libur Permulaan Puasa
17 Proklamasi Kemerdekaan RI
25 – 31 Libur Hari Raya Iedul Fitri dan Hari Besar
3 September 2011 1 – 7 Libur Hari Raya Iedul Fitri
4 Desember 2011 26 – 31 Libur Semester Ganjil
5 Januari 2012 2 – 7 Libur Semester Ganjil
23 Tahun Baru Imlek
6 Maret 2012 23 Hari Raya Nyepi
7 April 2012 6 Wafat Isa Al Masih
8 Mei 2012 17 Kenaikan Isa Al Masih
9 Juni 2012 25 – 30 Libur Semester Genap
PENJABARAN KALENDER PENDIDIKAN
MTS ATHFALUL HAQ CIHOWE KECAMATAN CISEENG KAB. BOGOR
TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012
N0 PELAKSANAAN KEGIATAN SASARAN KET
1 Juni 2011 Penyusunan KTSP Tim
21-23 Juni PPDB Panitia
25 Juni Pengumuman PPDB Paanitia
27-28 Juni Daftar Ulang Peserta didik baru Panitia
2 11 – 13 Juli 2011 Kegiatan MOS Th 2011-2012 Siswa kelas 7
3 1 – 3 Agustus 2011 Awal Puasa Warga Sekolah
4 4 – 23 Agustus 2011 Pondok Romadon dan Kazanah Romadon Kelas 7,8,9
5 17 Agustus 2011 Proklamasi Kemerdekaan RI Warga Sekolah
6 24 Agustus-7Sept 2011 Libur Sekitar Hari Raya Warga Sekolah
7 19- 30 September 2011 Supervisi Kepala Sekolah Warga Sekolah
8 17-18 Oktober 2011 Menyusun Program P I B Panitia PIB
9 24-28 Oktober 2011 UTS Semester Ganjil Siswa kelas 7,8,9
10 31 Oktober 2011 Awal Kegiatan PIB Siswa kelas 9
11 6 Nopember 2011 Idul Qurban Warga Sekolah
12 26 Nopember 2011 Peringatan Thn Baru Hijriah Warga Sekolah
13 5 -8 Desember 2011 Melaksanakan Try out I Siswa Kelas9
14 12-16 Desember 2011 UAS semester Ganjil Siswa Kelas 7,8,9
15 17-20 Desember 2011 Pekan Remidial + Pengayaan Siswa Kelas 7,8,9
16 24 Desember 2011 Pembagian Raport Smt Ganjil Wali Kelas 7,8,9
17 25 Desember 2011 Hari Raya Natal Warga Sekolah
18 26 des - 7 Jan 2012 Libur Semester Ganjil Siswa Kelas 7,8,9
19 29 – 31 Des. 2012 Persami Siswa Kelas 7
20 1 Januari 2012 Tahun Baru Masehi Warga Sekolah
21 9 Januari 2012 Kegiatan awal Smt Genap Warga Sekolah
22 23 Januari 2012 Tahun Baru Imlek Warga Sekolah
23 24 Jan - 4 Peb 2012 Supervisi Kepala Sekolah Guru
24 4 – 5 pebruari2012 Peringatan Maulid Nabi Warga Sekolah
25 6 – 9 Pebruari 2012 Melaksanakan Try out 2 Siswa Kelas 9
26 23 Maret 2012 Hari Raya Nyepi Warga Sekolah
27 24 – 31 Maret 2012 Ujian Praktek Siswa Kelas 9
28 2 -7 April 2012 UTS Semester Genap Siswa Kelas 7,8
29 6 April 2012 Wafat Isa Al masih Warga Sekolah
30 9 – 13 April 2012 Ujian Sekolah Siswa Kelas 9
31 23 -26 April 2012 Ujian Nasional Siswa Kelas 9
32 6 Mei 2012 Hari Raya Waisak Warga Sekolah
33 11 – 15 Juni 2012 Ulangan Kenaikan Kelas Siswa Kelas 7,8
34 16- 19 Juni 2012 Remidi + Pengayaan Siswa Kelas 7,8
35 20 Juni 2012 Rapat Kenaikan Kelas Kep Sek +Guru
37 23 Juni 2012 Penerimaan Raport Wali Kelas 7,8
38 25 Juni 2012 Libur Semester Genap Wali Kelas 7,8
Hari Belajar Efektif Semester I = 111 hari belajar efektif (HBE) (setara 19 minggu belajar efektif).
Hari Belajar Efektif Semester II = 140 hari hari belajar efektif (HBE) (setara 23 minggu belajar efektif).
Catatan: semua kegiatan pada tabel di atas merupakan contoh kalender pendidikan yang penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan sekolah.
BAB IV
PENUTUP
Seperti telah diuraikan pada awal pendahuluan bahwa fungsi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa selain mengembangkan dan memperkuat potensi pribadi juga menyaring pengaruh dari luar yang akhirnya dapat membentuk karakter peserta didik yang dapat mencerminkan budaya bangsa Indonesia. Upaya pembentukan karakter sesuai dengan budaya bangsa ini tentu tidak semata-mata hanya dilakukan di sekolah melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar baik melalui mata pelajaran maupun serangkaian kegiatan pengembangan diri yang dilakukan di kelas dan luar sekolah. Pembiasaan-pembiasan (habituasi) dalam kehidupan, seperti: religius, jujur, disiplin, toleran, kerja keras, cinta damai, tanggung-jawab, dan sebagainya perlu dimulai dari lingkup terkecil seperti keluarga sampai dengan cakupan yang lebih luas di masyarakat. Nilai-nilai tersebut tentunya perlu ditumbuhkembangkan yang pada akhirnya dapat membentuk pribadi karakter peserta didik yang selanjutnya merupakan pencerminan hidup suatu bangsa yang besar. Agar semua bisa berjalan dengan baik maka perlu diformalkan dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikaan di MTs Athfalul Haq Cihowe
Kurikulum MTs Athfalul Haq Cihowe ini diperuntukkan kepada semua warga sekolah, terutama peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan. Pembentukan budaya sekolah (school culture) dapat dilakukan oleh sekolah melalui serangkaian kegiatan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran yang lebih berorientasi pada peserta didik, dan penilaian yang bersifat komprehensif. Perencanaan di tingkat sekolah pada intinya adalah melakukan penguatan dalam penyusunan kurikulum di tingkat MTs Athfalul Haq Cihowe, seperti menetapkan visi, misi, tujuan, struktur kurikulum, kalender akademik, dan penyusunan silabus. Keseluruhan perencanaan sekolah yang bertitik tolak dari melakukan analisis kekuatan dan kebutuhan sekolah akan dapat dihasilkan program pendidikan yang lebih terarah yang tidak semata-mata berupa penguatan ranah pengetahuan dan keterampilan melainkan juga sikap prilaku yang akhirnya dapat membentuk ahklak budi luhur.
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa bukan merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri atau merupakan nilai yang diajarkan, tetapi lebih kepada upaya penanaman nilai-nilai baik melalui mata pelajaran, program pengembangan diri maupun budaya sekolah. Peta nilai dan indikator yang disajikan dalam naskah ini merupakan contoh penyebaran nilai yang dapat diajarkan melalui berbagai mata pelajaran sesuai dengan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang terdapat dalam standar isi (SI). Begitu pula melalui program pengembangan diri, seperti kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian. Perencanaan pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa ini perlu dilakukan oleh semua pemangku kepentingan di sekolah yang secara bersama-sama sebagai suatu komunitas pendidik diterapkan ke dalam kurikulum sekolah yang selanjutnya diharapkan menghasil budaya sekolah.
Penyajian pembelajaran yang bernuansa belajar aktif dengan muatan budaya dan karakter bangsa perlu menjadi perhatian terutama dalam membelajarkan peserta didik. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan dari semua pihak pemerhati, pelaksana pendidikan untuk kesempurnaan yang akhirnya dapat memberikan pencerahan pelaksanaan di tingkat sekolah. Selanjutnya diharapkan kualitas produk peserta didik yang memiliki ahklak budi mulia sebagai pencerminan bangsa yang besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar